Cara Memilih Parfum yang Tepat

120 views

Thisroad.info – Cara Memilih Parfum yang Tepat, Cara Memilih Parfum yang Tepat

Cara Memilih Parfum yang Tepat

Parfum sebenarnya berfungsi untuk memberikan keharuman bagi tubuh. Seiring perkembangan waktu, parfum tak hanya berfungsi untuk itu namun juga memberikan identitas kepribadian seseorang. Seseorang dapat dinilai dari parfum yang digunakan. Oleh karena itu, memilih parfum yang tepat menjadi hal yang penting dan harus dipertimbangkan.
Pada dasarnya ada banyak raga parfum yang dapat kita temui di pasaran. Berbagai jenis dengan kadar essence dan alkohol yang berbeda-beda. Hal ini berpengaruh pada kekuatan aroma, lama bertahannya aroma, kegunaan dan tentu harga. Di pasaran ada 5 jenis parfum yang harus Anda ketahui.
  1. Perfume : mengandung 15 – 30 % konsentrat parfum. Wanginya dapat bertahan hingga enam jam dan harganya paling mahal diantara jenis wewangian lainnya.
  2. Eau De Perfume : mengandung konsentrat parfum sekitar 8 -15 % saja. Aromanya tidak sekuat perfume, namun cukup bertahan pada kulit.
  3. Eau De Toilette : mengandung konsentrat parfum sekitar 4 – 6 % dan hanya bisa bertahan sampai 2 – 4 jam saja. Harga lebih terjangkau dan harus disemprotkan berulang untuk menjaga ketahanan aroma.
  4. Eau De Cologne : mengandung konsentrat parfum sekitar 3 % dan biasanya digunakan setelah mandi sebagai penyegar dan pengharum tubuh.
  5. Body Mist : wewangian bebas alkohol paling lembut dengan harga terjangkau. Biasa dikenal dengan sebutan body spray.
Jika dilihat dari kandungan zat penyusun parfum itu sendiri, maka dapat dibagi kedalam 4 kelompok, yaitu :
  1. Top note : aroma akan muncul dalam 5 – 10 menit sesudah disemprotkan. Aroma wangi top note adalah yang paling kuat bila dibanding middle note dan base note. Lapisan ini biasanya terdiri dari aroma green, citrus, aldehyde dan soft floral.
  2. Middle note : aroma harum akan muncul 30 menit setelah disemprotkan. Di lapisan ini, hampir semua zat alkohol sudah menguap. Middle note merupakan jantung dari sebuah parfum. yang biasanya mengeluarkan aroma floral.
  3. Base note : harumnya akan tercium sekitar 2 jam sesudah disemprotkan dan membantu mengikat aroma secara keseluruhan. Wangi kayu seperti cedarwood, sandalwood dan vanilla biasanya ditempatkan di base note.
  4. Missing note : zat kimia pada kulit yang menentukan intensitas dan ketahanan aroma pada minyak wangi. Inilah yang menyebabkan mengapa wangi yang dikeluarkan berbeda di kulit setiap orang.
Setelah mengetahui berbagai jenis parfum maka kita selanjutnya mulai memilih jenis parfum yang tepat untuk diri kita. Berikut ini cara memilih parfum yang tepat.
1. Kenali karakter diri
Orang yang memiliki karakter macho akan berbeda selera dengan orang dengan karakter feminim. Begitu pula sebaliknya. Setiap orang dapat menafsirkan aroma parfum dengan cara berbeda. Setiap orang juga memiliki aroma tubuh yang berbeda. Oleh karena itu, sebaiknya kenali dulu karakter diri Anda agar sesuai dengan kepribadian dan diri Anda sendiri. Setiap orang pasti memiliki karakter yang dominan. Maka sesuaikan karakter tersebut dengan aroma tubuh dan aroma parfum kesukaan Anda.
2. Mencoba parfum
Ketika akan membeli parfum pastikan Anda mencobanya terlebih dahulu. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika mencoba beberapa jenis parfum ketika membeli.
  • Jangan mencoba ketika tubuh tidak sehat atau sedang dalam gangguan pernafasan
  • Saat mencoba, jangan mencoba 3 jenis parfum dalam waktu yang berdekatan. Karena aroma parfum akan tersamarkan sehingga membuat kesulitan membedakan aroma khas parfum.
  • Ketika mencoba parfum, beri jeda waktu sejenak. Setidaknya selama 10 – 15 menit. Hal ini bertujuan untuk menetralisir indra penciuman, sehingga tidak kesulitan membedakannya.
  • Jangan terlena dengan semprotan pertama. Ingat zat penyusun parfum yang mengeluarkan aroma pada waktu berbeda-beda (top note, middle note, based note, missing note).
  • Saat mencoba parfum, semprotkan parfum pada bagian tangan yang paling banyak digunakan agar bisa langsung bercampur dengan aroma tubuh.
3. Mempertimbangkan penciuman orang lain
Setiap orang memiliki penafsiran yang mungkin berbeda dengan Anda. Mempertimbangkan penciuman orang lain dapat memberi masukan pada diri kita tentang aroma yang tepat. Jika Anda memilih dengan pasangan, mintalah pertimbangan aroma yang Anda sukai. Untuk Anda yang masih pemula, parfum dengan aroma Citrus adalah pilihan yang aman, hampir semua wanita menyukainya.
4. Semprotkan parfum pada saat sniff test
Jika Anda pergi ke mall atau toko parfum untuk melakukan sniff test, semprotkan pada lengan Anda bukan ke kertas karton yang di berikan penjual. Tunggu sekitar 15 menit agar aromanya bercampur dengan minyak di lengan Anda.
5. Menggunakan vial parfum
Coba gunakan vial parfum yang telah Anda beli tersebut selama beberapa hari. Apakah Anda nyaman memakainya dan mintalah pendapat pada orang-orang terdekat. Jika Anda merasa nyaman dan sebagian besar orang terdekat menyukai, apalagi memuji parfum pilihan Anda, maka beli parfum tersebut dalam ukuran besar.
Parfum yang tepat tidak hanya membuat Anda menjadi harum namun juga dapat meningkatkan kepercayaan diri dan kenyamanan Anda ketika berinteraksi dengan orang lain. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih parfum yang tepat.

Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Cara Memilih Parfum yang Tepat, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Cara Memilih Parfum yang Tepat berguna untuk anda.

Leave a reply "Cara Memilih Parfum yang Tepat"