Cara Mendeteksi Penyakit Melalui Kaki

48 views

Thisroad.info – Cara Mendeteksi Penyakit Melalui Kaki, Cara Mendeteksi Penyakit Melalui Kaki

Cara Mendeteksi Penyakit Melalui Kaki

Penyakit yang datang menyerang pada dasarnya dapat kita deteksi dengan menggunakan kepekaan tubuh kita sendiri. Ketika salah satu bagian tubuh merasakan sakit, ada bagian tubuh lain yang juga merasakannya. Salah satu bagian tubuh kita yang dapat digunakan untuk mendeteksi penyakit adalah kaki. Kaki merupakan indikator yang tepat untuk mengetahui penyakit karena perannya sebagai tumpuan tubuh sehari-hari. Ada beberapa macam yang dirasakan oleh kaki kita saat merasakan adanya penyakit. Berikut ini beberapa cara mendeteksi penyakit melalui kaki.

1. Kaki terasa dingin
Ketika jari-jari kaki kita tiba-tiba terasa dingin biasanya disebabkan oleh aliran darah yang kurang baik menuju ujung kaki tersebut. Hal ini bisa disebabkan kebiasaan-kebiasaan kurang baik seperti merokok. Kaki yang terasa dingin biasanya mengindikasikan kita sedang menderita tekanan darah tinggi, penyakit jantung, anemia atau penyakit hipotiroidisme.
2. Kaki terasa nyeri
Kaki terasa nyeri biasanya diakibatkan oleh aktivitas fisik yang menguras tenaga berlebih. Kaki yang terasa nyeri merupakan indikator kita harus beristirahat total untuk memulihkan stamina tubuh. Biasanya rasa nyeri ini dibarengi dengan otot-otot yang menegang. Oleh karena itu, relaksasi dan istirahat merupakan solusi.
3. Kaki berwarna tidak wajar
Kaki yang berwarna diluar kewarajaran seperti kemerahan, kebiruan atau pucat dapat menjadi indikasi adanya penyakit yang berkaitan dengan penyempitan pembuluh darah arteri. Biasanya orang yang mengalami gejala seperti ini akan menderita penyakit rheumatoid arthritis(peradangan sendi), penyakit sjoegren (kelainan rheumatik), atau masalah tiroid.
4. Tumit kaki terasa nyeri
Tumit yang terasa nyeri dapat diakibatkan adanya peradangan pada ligamen yang melekat pada tulang tumit. Biasanya orang yang mengalami rasa ini menderita penyakit plantar fasciitis (penyakit tumit). 
5. Kaki bengkak
Biasanya kaki bengkak jika terkena gigitan serangga. Namun, jika tidak ada bekas gigitan bisa jadi Anda mengalami masalah dengan sistem limfatik atau pembekuan darah di kaki. Masalah ini paling umum diakibatkan berdiri terlalu lama atau duduk dengan kaki menapak terlalu lama dengan beban di tubuh. Paling sering diderita oleh ibu hamil atau pekerja yang berdiri seharian. 
6. Kaki terasa terbakar
Jika Anda mengalami kaki terasa panas seperti terbakar bisa jadi Anda mengalami penyakit diabetes atau penyakit ginjal kronis. Biasanya terjadi kerusakan saraf prifer karena kekurangan vitamin B dan sirkulasi darah yang kurang baik di kaki.  
Mendeteksi penyakit melalui kaki merupakan langkah awal untuk mengetahui kesehatan Anda. Jika Anda merasakan ada yang tidak wajar pada kaki seperti tanda-tanda diatas maka sebaiknya segera konsultasikan ke dokter terdekat. Hal ini lebih baik dilakukan sebagai langkah antisipasi dan kepedulian terhadap kesehatan. 

Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Cara Mendeteksi Penyakit Melalui Kaki, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Cara Mendeteksi Penyakit Melalui Kaki berguna untuk anda.

Leave a reply "Cara Mendeteksi Penyakit Melalui Kaki"